Tuesday, October 29, 2013

IPA Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup


Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup
A. Pengertian
Kelangsungan hidup makhluk hidup dapat dipengaruhi oleh seleksi alam,adaptasi dan perkembangbiakkan, dalam adaptsai ada berbagai tipe yakni adaptasi morfologi,adaptasi tingkah laku, adapatasi fisiologi. Perkembangbiakkan makhluk hidup juga merupakan faktor pengaruh terhadap kelangsungan hidup bagi makhluk hidup, dari pengertian tersebut berbagai macam makhluk hidup mempunyai berbagai cara untuk menjaga kelangsungan hidupnya sendiri agar populasi dari jenisnya tidak berkurang dialam.

IPA Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup

B. Adaptasi Makhluk Hidup
Setiap makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, jika semakin besar kemungkinan adaptasinya maka semakin besar kelangsungan hidupnya, Manusia merupakan makhluk hidup yang paling besar beradaptasi dengan lingkungannya, karena manusia dapat bertahan hidup disemua habitat dengan menggunakan alat ataupun tidak, alat tersebut merupakan cara maanusia untuk beradaptasi dengan habitatnya. Secara garis besar adaptasi makhluk hidup dibedakan menjadi tiga, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi perilaku.
a. Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi adalah bentuk adaptasi yang dilakukan oleh makhluk hidup yang dapat diamati karena berkaitan dengan bentuk tubuh, seperti contoh Bentuk paruh burung yang berbrda-beda sesuai jenis makanan yang di makan burung tersebut, Bentuk paruh burung elang runcing agak panjang dan ujung paruh atas agak membengkok ke
bawah. Bentuk paruh seperti itu cocok untuk merobek daging. Bentuk paruh burung pelikan panjang, lebar, dan agak berkantong.Hal itu disesuaikan dengan jenis makanannya yang licin, misalnya ikan. Bentuk paruh burung kolibri khas sekali sebagai pengisap madu, yaitu kecil, runcing, dan panjang.
b. Adaptasi Fisiologi
Adapatasi fisiologi adalah adaptasi yang tidak terlalu terlihat taampak karena penyesuian makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya yang berkaitan dengan organ dalam makhluk hidup tersebut, seperti contoh adaptasi pernafasan, pada dataran rendah kadar oksigen yang terdapat diudara sangat tinggi sehingga aliran darah dan paru-paru menerima oksigen secara maksimal tetapi jika di daerah dataran tinggi kadar oksigen yang ada akan semakin kecil untuk itu seseorang harus beradaptasi dengan sistem pernafasannya jika dari dataran rendah ke datarn tinggi.

C. Adaptasi Tingkah Laku
Adapatasi tingkah laku adalah tingkah laku makhluk hidup yang digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan berbagaai cara berikut ini:
1. Mimikri
Mimikri adalah salah satu adaptasi tingkah laku yang dimiliki bunglon, bunglon dapat melakukan mimikri dengan cara mengganti warna kulitnya untuk mengelabui musuh dan mencari makan, karena warna bunglan akan berubah sesuai dengan waran habitat disekitarnya sehingga sangat sulit dibedakan dengan warna habitatnya, perubahan warna tersebut disebut mimikri.
2. Autotomi
Autotomi dimilik oleh hewan cecak, autotomi adalah proses pelepasan suatu bagain tubuh untuk mengelabui musuh untuk mempertahankan dari ancaman musuh untuk kelangsungan hidupnya, beberapa hewan lain yang melakukan proses autotomi adalah kadal.
3. Hibernasi
Hibernasi adalah tingkah laku makhluk hidup yang dilakukan untuk kelangsungan hidupnya dengan cara tidur berbulan-bulan, cara tersebut biasanya dilakukan beruang dan tupai atau hewan lainnya disaat musim dingin, sebelum musim dingin mereka makan-makanan sebanyak-banyaknya untuk bekal energi saat lama berhibernasi.
4. Estivasi
Estivasi hampir sama dengan hibernasi namun dilakukan pada musim panas , hewan yang melakukan estivasi adalah kelelawar,Lemur kerdil dan lain-lain bertujuan untuk menghindari musim panas dan kekurangan air.

C. Seleksi Alam
Alam selalu mengalami perubahan setiap waktu baik,cuaca,suhu,bentuk habitat dan lain-lain, dan untuk itu makhluk hidup melakukan adapatasi, karena perubahan alam tersebut dapat membuat suatu seleksi alam antar makhluk hidup seperti halnya pada zaman purba banyak sekali dinosaurus yang zaman sekarang tidak ada sama sekali kepunahan dinasaurus tersebut merupakan contoh seleksi alam yang terjadi karena alam dimana konon karena jatuhnya meteor yang besar kebumi sehingga merubah bentuk bumi dan mempunahkan semua sepesies dinosaurus yang ada.

D. Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
Dalam perkembangbiakkan makhluk hidup memiliki tujuan yakni mempertahankan spesiesnya agar tidak punah,dan hal tersebut merupakan cara makhluk hidup mempertahankan kehidupannya, untuk lebih jelasnya tentang perkemabngbiakkan makhluk hidup silahkan baca Materi IPA Perkembangbiakkan Hewan Dan Tumbuhan.

2 comments:

  1. tentang perkembang biakan makhluk hidup ya krg lengkap nih
    tpi gpp, makasih om dah ckup membantu dalam mngerjakan tgs

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, sama-sama
      nanti saya lengkapkan pada artikel selanjutnya gan

      Delete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih