Sunday, October 27, 2013

IPA Gaya Dan Gerak Benda


Gaya Dan Gerak Benda
A. Penjelasan
Pernahkah kamu mengamati ketika seseorang mendorong meja, meja tersebut akan bergerak berpindah dari tempat semula, semakin kuat orang itu mendorong meja maka meja tersebut akan semakin cepat berpindah dari tempat semula, dorongan yang diberikan orang tersebut dinamakan Gaya. Gaya tidak dapat dilihat dan hanya dapat dirasakan, selain dorongan, tarikan , dan angkatan terhadap sebuah benda. Pengaruh gaya dapat membuat benda bergerak, berubah arah, berubah bentuk dan berhenti bergerak.
Benda akan tetap diam jika tidak diberikan gaya dan akan bergerak  atau berpindah jika menerima gaya, dalam kegiatan seharai-hari kita tidak pernah lepas dengan gaya, semua aktivitas kita slalu berhubungan dengan gaya seperti : membuka pintu,membawa piring dan lain sebagainnya.
Pengukuran Gaya
IPA Gaya Dan Gerak Benda

Gaya dapat diukur untuk melihat beberapa besar gaya yang kita berikan terhadap benda, alat ukur gaya adalah Dinamometer, dinamometer dapat memberikan bentuk angka terhadap gaya yang kita berikan, satuan dari gaya adalah kilogram force (kgf). Selain itu gaya juga dapat dinyatakan dengan satuan newton atau dyne. Hubungan antara ketiga satuan tersebut adalah 1 kgf = 9,8 newton. Sedangkan 1 newton = 105 dyne.

Jenis-Jenis Gaya
Gaya memeiliki jenis-jenis yang berbeda di dunia ini, macam-macam gaya adalah sebagai berikut:
1. Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi adalah gaya yang didapat alamiah alias terjadi secara alami yang dimiliki bumi, gaya gravitasi dapat membuat benda jatuh dan memiliki berat atau massa. Cobalah percobaan berikut:
  • Lemparkan bola keatas dengan sekuat-kuatnnya, kemudian catat berapa lama untuk mencapai ketanah.
  • Lemparkan bola keatas dengan sekuat-kuatnya namun lebih tinggi dari yang pertama, kemudian catat berapa lama bola tersebut mencapai tanah.
Percobaan tadi merupakan bukti dari gaya gravitasi yang membuat semua benda akan jatuh ke tanah dan memilik berat.
2. Gaya Magnet
Gaya magnet merupakan salah satu gaya yang dimiliki suatu benda yang disebut magnet, magnet dapat terbentuk secara alami dan buatan dengan mengalirkan arus listrik. Macam-macam magnet dapat berbentuk jarum, U , batang , dan silinder didalam magnet terdapat 2 kutub yang saling tarik menarik yaitu kutub selatan dan kutub utara. Gaya magnet dikatakan sebuah gaya karena dapat menarik benda yang terbuat dari logam seperti besi dan lain-lain. Cobalah percobaan berikut ini:
  • Ambillah sebuah penggaris dan potong-potonglah sebuah kertas menjadi kecil-kecil.
  • Gosokkan penggaris ke rambut kalian sekitar 30 detik – 60 detik, kemudian dekatkan penggaris yang sudah kalian gosok ke serpihan kertas
  • Lihatlah yang terjadi kertas itu akan menempel ke penggaris.
Dari percobaan tadi kita dapat mengerti bahwa gaya magnet dapat dibuat oleh manusia dengan menggunakan aliran listrik, karena pada gesekkan antar benda akan menghasilakan arus listrik lemah yang dapat membuat menjadi sebuah magnet buatan.
3. Gaya Gesekkan
Gaya gesek adalah gaya yang ditimbulkan karena gesekan antara ke dua permukaan benda. Dari permukaan suatu benda yang kasar dan halus akan membuat gesekkan yang berbeda karena pada gaya gesekkan permukaan benda yang kasar akan membuat gaya gesek yang besar dibandingkan dengan gaya gesek yang ditimbulkan permukaan benda yang halus. Cobalah amati peristiwa berikut: Pernahkah kamu melihat ayah atau orang yang memberikan oli kepada motornya? Oli yang diberikan ke mesin akan membuat gaya gesek mesin akan semakin lancar dan halus dan membuat peforma mesinnya bagus dan tidak mudah rusak hal itu merupakan gaya gesek yang merugikan. Dalam gaya gesek ada yang menguntungkan dan yang merugikan salah satu contoh gaya gesek yang menguntungkan adalah rem pada sepeda.

2 comments:

  1. NI blog nichenya bagus, apa lagi untuk membantu pelajaran anak sekolah :)

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih