Thursday, October 24, 2013

Fisika Induksi Magnet




Induksi Magnet
A. Penjelasan
Induksi magnet adalah kuat medan magnet yang dipengaruhi oleh gaya magnet pada sebuah konduktor, konduktor mempunyai partikel yang tidak beraturan yang artinya jika sebuah konduktor ditempelkan magnet maka akan konduktor akan menarik benda-benda logam yang tergolong feromagnetik. Hal ini dikarenakan magnet yang ditumpukkan konduktor mempengaruhi molekulnya sehingga beraturan.
Jika kita mengerakkan kutub magnet memasuki kumpuran, maka jarum Galvonometer akan menyimapang salah satu arah. Jika magnet kita masukkan kedalam kumparan maka akan menyimapang ke kiri dan jika magnet tepat ditengah kumpuran maka jarum Galvono. Akan menunjukkan angka nol, menyimpangnya jarum menunjukkan bahwa ketika magnet bergerak memasuki dan keluar dari kumparan pada ujung kumpuran akan timbubeda potensial yang dapat menyebabkan arus listrik pada kumparan.
Beda potensial yang ditimbulkan disebut GGL induksi (gaya gerak listrik). Timbulnya beda potensial listrik pada kumparan merupakan tegangan dan arus bolak balik atau yang disebut dengan arus AC.

Fisika Induksi Magnet

Jika penghantar kawat yang digunakan adalah sepanjang “l” dan mempunyai medan magnet beserta gaya yang mempunyai elektron sebesar

F = Q . E

Dengan gaya yang ditimbulakn oleh gaya laurance

E = B . V

Beda potensial pada GGl (gaya gerak listrik) induksi yang ditimbulakan
E = GGL induksi
Dengan Rumus
E = B. V . l

GGL (garis gaya listrik) induksi menyebabkan adanya fluks magnet, fluks magnet disebabkan oleh penghantar kawat sepanjang L yang dialiri arus listrik dan mempunyai medan magent pada kawat yang berluas A.
∂ = B . A
A) bisa menjadi persegi dengan rumus P. L dan juga bisa memiliki volume menjadi rumus P.L.T
A) bisa juga menjadi Ωr2 jika lingkaran.
Fluks magnet adalah perkalian antara kuat medan magnet dengan luas penampang magnet. Medan magnet yang menembus bidang memiliki arah tegak lurus dengan luasnya

0 = B . A . Cos o
Keterangan:
0 = Fluks magnet
B = Medan Magnet (tesla)
A = Luas penampang (m2)

Hukum Faraday
Berkaitan dengan elektromagnetik faraday melakukan serangkaian percobaan yang akhirnya memberikan dan menemukan hal-hal yang berupa sebagai berikut
1. Jika jumlah fluks magnet memasuki suatu kumparan yang berubah , maka pada ujung-ujung kumparan akan timbul GGL induksi.
2. Besarnya GGL induksi tergantung pada kelajuan kepada fluks magnet dan juga banyakanya lilitan.
Dengan hal tersebut  dapat disimpulakan bahwa, timbulnya GGL induksi diakibatkan adanya perubahan fluks magnet, yang dapat diturunkan dengan persamaan.
D0/DT = E = B. L . V

0 comments

Post a Comment

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih