Thursday, October 30, 2014

Cara Sukses UNAS Ujian Nasional


Tips Sukses UNAS Ujian Nasional – Tahukah anda bahwa sesungguhnya mendapat nilai bagus dan tinggi dalam UNAS alias ujian nasional sangatlah mudah, hanya saja kita tidak tahu dan mengerti  bagaimana karakteristik dari soal UNAS itu sesungguhnya,  setelah usut punya usut dengan mengerjakan beberapa soal ujian nasional, Pusat Sekolah mengetahui bagaimana cara agar mudah mengerjakan soal dan dapat sukses pada saat ujian nasional, yang akan di share dalam artikel ini.
Cara Sukses UNAS Ujian Nasional

Langkah awal dalam menggapai sukses ujian nasional sebenarnya adalah didasari oleh dirinya sendiri dan kemauannya saja, berikut adalah tips sukses UNAS alias ujian nasional:
1. Niat Dan Kemauan
Tak ada yang akan bisa dilakukan oleh seseorang jika dia tidak punya niat atau kemauan yang sangat kuat untuk melakukan sesuatu, terutama dalam hal ini adalah ingin sukses ujian nasional UNAS dan mendapat nilai bagus, jadi mulailah dari sekarang dalam diri anda niat dan kemauan tersebut.

2. Belajar
Hal yang paling utama memang belajar tetapi menurut saya, belajar ini haruslah sesuai dan mengacu pada soal-soal ujian nasional dari tahun-tahun kemarin, bukan belajar dan berusaha membaca semua materi yang ada karena dengan hal itu dapat menjadikan anda semakin tegang bingung dan frustasi sebelum menghadapai ujian nasional.

3. Kerjakan Soal UNAS Tahun-Tahun Lalu
Mengerjakan soal ujian nasioanal lima tahun yang lalu hingga tahun kemarin per mata pelajaran akan membuat diri anda terlatih dalam mengerjakan soal, karena soal ujian nasional di tiap nomernya tak akan jauh beda dari tahun-tahun sebelumnya, seperti contoh jika pada soal UNAS Matematika tahun 2010 soal nomer 2 membahas tentang soal cerita maka pada soal UNAS tahun 2011 dan seterusnya, di soal nomer 2 pasti akan membahas tentang soal cerita juga, kadang kala malah sama persis dengan soal UNAS kemarin yang ada di nomer 2. Jadi berusahalah membaca karakter soal UNAS di tiap nomer dari tiap tahun ke tahun.

4. Pilah Materi Yang Di Pelajari
Pilah materi yang dipelajari adalah gabungan dari tips nomer 2 dan 3 sebelumnya, dimana baiknya anda pada saat akan menghadapi ujian nasional pada waktu-waktu dekat pelajarilah materi yang biasanya akan sering muncul di soal ujian nasional berkali-kali sampai anda hafal untuk mengerjakannya.

5. Fokus
Ketika tinggal beberapa hari dan anda sudah menghadapi ujian akhir sekolah baiknya anda mem fokuskan diri untuk belajar mata pelajaran yang akan di ujikan di ujian nasional seperti Matematika, Bahsa Ingggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bahasa Indonesia hal itu akan membuat kemantapan dalam diri dan bekal anda dalam menghadapi ujian nasional.

6. Ibadah Dan Do’a
Tak ada yang bisa mengalahakan kekuatan supranatural seperti kita mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terus menerus berdo’a agar segala upaya yang telah kita lakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal, karena segala sesuatunya adalah ada di tangan tuhan walaupun anda sudah berusaha keras tetapi Tuhan tidak me Ridhoinya maka kita takakan bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Tahukah anda bahwasannya ibadah sunnah yang paling mujarab pada saat anda ingin sukses ujian nasional adalah Sholat Hajat dan Sholat Duha karena kedua sholat itu adalah sholat yang paling di ijabah do’anya.

      Demikian tips yang saya sampaikan semoga kita semua dapat lulus nantinya dengan nilai yang baik dan mendapatkan apa yang kita impikan kelak.

14 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih