Thursday, October 30, 2014

Cara Menjadi Ketua Kelas Yang Baik


Menjadi ketua kelas yang baik – Sorang pemimpin adalah seorang yang bertanggung jawab kepada semua anggotanya, seorang pemimpin adalah seorang pelayan bagi anggota-anggotanya,dan seorang pemimpin adalah seorang yang bijaksana, cerdas , dan dapat dipercaya itu beberapa kata untuk menjelaskan apa itu pemimpin. Pemimpin dikelas adalah ketua kelas yang bertanggung jawab kepada semua teman-temannya dikelas, bagaimana sih menjadi ketua kelas yang baik? Ketua kelas yang baik adalah dia yang mampu mengemban semua tugas-tugasnya dengan baik, ada beberapa cara agar anda dapat menjadi ketua kelas yang baik, Pusat Sekolah akan menjelaskan beberapa hal agar anda menjadi seorang ketua kelas yang baik dan terhindar dari halangan-halangan yang kan muncul saat anda menjadi seorang ketua kelas.
Cara Menjadi Ketua Kelas Yang Baik

Ketika menjadi ketua kelas akan mudah jika di dalam kelas tersebut semua siswannya kompak dan saling peduli.tetapi jika dikelas itu masih ada yang suka berkelompok maka tugas ketua kelas akan terasa agak berat karena tak ada bantuan secara maksimal dari teman-temannya. Oke kali ini akan saya berikan tips agar menjadi ketua kelas yang baik.
1. Sikap
Menjadi seorang ketua kelas baiknya anda perhatikan sikap anda terhadap teman dan guru. Ketika anda bersikap, baiknya tidak menyakiti orang lain dan selalu baik kepada semua orang yang ada di sekitar anda, karena hal itu dapat berpengaruh melancarkan dan meringankan tugas kalian menjadi seorang ketua kelas nantinya.
2. Cepat
Seorang ketua kelas baiknya cepat dalam menanggapi informasi dan cepat dalam mengambil keputusan dengan melakukan hal tersebut anda akan menjadi seorang ketua kelas yang baik dan dinilai cakap dalam menjalankan tugas-tugasnya.
3. Tegas
Seorang ketua kelas yang baik akan bersikap tegas dan tidak pandang bulu kepada semua teman-temannya, tetapi dalam bersikap tegas jangan sampai menyakiti hati orang lain, jika saat ingin menegur usahakan dengan halus dengan minta maaf dahulu sebelum menegur.
4. Bertanggung Jawab
Semua manusia tak akan ada yang pernah sempurna termasuk ketua kelas oleh sebab itu seorang ketua kelas saat melakukan kesalahan akan siap sedia untuk bertanggung jawab.
5. Dekat Dengan Semua Orang
Ketika kelas anda adalah kelas yang kurang kompak dan sering berkelompok-kelompok sendiri maka seorang ketua kelas haruslah berada di tengah-tengah mereka dan dekat dengan mereka semua dengan berusaha agar mereka menjadi satu. Karena hal itu akan membuat tugas anda menjadi sangat sulit ketika ada suatu acara kelas atau hal lainnya yang dimana seorang ketua kelas sangat dibutuhkan didalamnnya.
6. Inovatif
Seorang ketua kelas haruslah memiliki sikap yang inovatif sikap tersebut dapat bermanfaat ketika kelas anda mengikuti sebuah lomba antar kelas yang menuntut inovatif dan kekereatifan, karena seorang ketua kelas adalah orang yang mengambil keputusan dari semua aspiriasi anggotanya sehingga harus dituntut inovatif.

Dari sikap-sikap di atas tadi adalah bagian menadasar untuk menjadi seorang ketua kelas yang baik semoga tips tadi dapat bermanfaat bagi anda, tetapi ingatlah semakin tinggi pohon semakin besar angin yang menerpanya dan siapa saja orang yang memegang sebuah jabatn pasti akan dipertanggung jawabkan nanti. Jadi jadilah pemimpin yang baik dan tidak melakukan pelanggaran atau hal-hal yang dilarang baik orang maupun agama karena jika anda ingin tidur nyeyak setiap malam maka jadilah pemimpin yang jujur dan adil kepad semua rakyatnya.

9 comments:

  1. Makasih gan tips nya bisa ane coba

    ReplyDelete
  2. gan ane juga ketua kelas namun anggota kelas ane susah diatur. ane sering bicara diam dan berteriak mohon pencarahnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begini gan, ada baiknya pahami dulu teman-teman kelas agan semuanya, karena terkadang ada tipe kelas yang dengan nada berteriak mereka tidak menghiraukan, tetapi dengan nada yang lemah lembut mereka akan melaksanakan.

      tetapi kuncinya adalah sebelum mengumumkan sesuatu ada baiknya anda, minta perhatian mereka didepan ketika semua memperhatikan baru bicaralah,

      selain itu rahasianya adalah, jadi ketua kelas itu harus flexibel, hangat pada semua teman, kalau semakin akrab pasti mereka akan mengerti dan sekali-kali jangan sampai punya musuh di kelas walaupun cuman satu.

      Trimakasih.

      Delete
  3. maaf min,sbgai ktua klas, hukuman apa yang pntas saya berikan kepada teman sklas saya apabila ia mlnggar suatu aturan yg brlaku diklas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah saja kawan.. lihat kadar kesalahan...
      kalau kamu tidak bisa ambil keptusan coba tanyakan pada semua anggota kelasmu hukuman apa yang pas buat dia.. tapi kalau masalah sepele sih aku rasa jangan karena sama saja kita membully dia di kelas.. hal yang kurang baik

      Delete
  4. Gan,saya menjadi ketua kelas,teman laki laki saya semuanya pada musuhin saya. tolong dong minta pendapatnya.

    ReplyDelete
  5. gan,di kelas saya banyak masalah : ada yang musuhin saya,ada yang keluar kelas tanpa saya suruh,dan ada yang tidak bisa diam,tolong solusinya

    ReplyDelete
  6. Deo kamu ketua kelas berapa dan daerah mna???

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih