Thursday, October 10, 2013

Cara Membagi Waktu Belajar Dengan Baik

Membagi waktu belajar yang baik – Banyak seorang siswa kurang memperhatikan dan memfikirkan bagiamana sih membagi waktu belajar yang baik? Waktu belajar yang baik dan teratur sangat membantu bagi seorang siswa itu sendiri dalam menjadi seoarang siswa yang berprestasi di sekolah, seorang yang dapat membagi waktu belajarnya dengan baik, dia dapat disebut sebagai seorang yang cerdas dan sadar atas kebutuhannya sendiri karena masa-massa remaja dan anak-anak, yang paling dirasakan ketika belajar adalah merasa malas dan merasa hal-hal lainnya untuk itu baca dahulu beberapa manfaat membagi waktu belajar pada artikel Manfaat Membagi Waktu Belajar Dengan Baik

Cara Membagi Waktu Belajar Dengan Baik

Membagi waktu belajar membuat kita akan tidak terlalu larut dalam hal-hal lainnya dan melupakan kebutuhan dan kewajiban utama kita yaitu belajar, memang saat disekolah kita harus mengikuti ekstrakulikuler untuk mengembangkan bakat dan minat kita, tetapi  jangan sampai membuat hal itu mengganggu waktu belajar anda, ingatlah tujuan kia ke sekolah adalah untuk belajar bukan untuk ekstrakulikuler. Dalam artikel kali ini Pusat Sekolah akan memberikan tips dan pemecahan bagaimana membagi waktu belajar yang baik. Berikut adalah pembahasannya:
1. Istirahat
Sepadat-padatnya anda dalam beraktivitas entah itu bermain,sekolah atau hal lainnya usahakan anda untuk istirahat yang cukup, membagi waktu istirahat dengan beraktivitas, hal itu akan membuat anda semakin fit ketika belajar atau melakukan aktivitas lainnya. Baca 5 Manfaat Istirahat Cukup
2. Waktu
Bagilah waktu anda sebaik-baiknnya antara kebutuhan belajar dan beristirahat, seperti ketika anda belajar mulai pada pukul 18.00 dan selesai pukul 20.00 maka anda harus istirahat tidur di jam 20.00 ketetapan waktu tersebut dalam membagi waktu belajar dengan baik hal itu akan berdampak positif terhadap anda seperti  belajar tentang  kedisiplinan waktu.
3. Ekstrakulikuler
Ekstrakulikuler memang penting bagi kita tetapi janganlah terlalu di dalami hal itu, karena bagiamanapun tujuan kita di sekolah adalah untuk belajar dengan sungguh-sungguh, bagilah yang baik waktu anda antara ekstra dengan istirahat dan belajar. Karena ketika anda tidak seimbang antara ekstara dengan belajar yang akan rugi adalah diri anda sendiri yang tidak maksimal menerima pelajaran dan saat ujian tidak mengerjakan soal dan menggantungkan kepada teman, lalu mendapat nilai jelek, yang akan rugi kan kalian sendiri nantinnya.
4. Pacaran
Berpacaran secara tidak langsung akan mengganggu waktu belajar anda karena bagaimanapun waktu yang ada akan diusahakan untuk pasangan kita dan akan melupakan waktu belajar kita, ingatlah usia remaja sebenarnya bukan waktunya untuk berpacaran tetapi waktunya menuntut ilmu sebanyak-banykanya, berpacaran juga boleh asalkan berpengaruh postif terhadap diri kita seperti sebagai media penyemangat untu belajar dengan giat walaupun anda harus dapat mengatur waktu dengan baik antara waktu dengan pasangan dengan waktu belajar. Baca juga Makalah Bahasa Indonesia Pengaruh Berpacaran Saat Usia Remaja.
5. Bermain
Waktu bermain yang berlebihan akan membuat anda lupa terhadap waktu belajar, hal ini adalah masalah yang umum terjadi di kalangan pelajar, saran saya adalah tanamkanlah keyakinan bahwa sesungguhnya belajar adalah tanggung jawab dan kebutuhan kita karena dengan hal itu akan membuat diri anda akan mengutamakan waktu belajar dibanding dengan waktu bermain, memang waktu bermain juga dibutuhkan tetapi jangan sampai berlebihan dan tenggelam dengan keasyikkan. Baca Tips Menyeimbangkan Waktu Belajar Dengan Waktu Bermain

Itulah beberapa pembahsan tentang hal-hal yang berpengaruh terhadap waktu belajar anda, dan sebenarnya pemecahan masalahnya adalah terletak pada diri anda sendiri, diri anda sangat mengutamkan belajar atau tidak atau kepentingan yang lainnya, serta pembagian waktu anda yang baik jangan sampai mengganggu waktu belajar anda. Karena belajar adalah untuk diri anda sendiri bukan untuk orang lain, kebutuhan anda dan merupakan tanggung jawab anda.

4 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih