Wednesday, October 23, 2013

Bahasa Indonesia Penjelasan Dan Contoh Artikel

Artikel adalah sebuah karangan penulis yang panjangnya tertentu berupa fakta yang mempunyai sumber artikel yang jelas dan bersifat faktual.
Artikel biasanya terdapat pada majalah,koran atau surat kabar dan lain sebagainya, cara menulis artikel adalah dengan memperhatikan urutan sebagai berikut:
1. Menulis bagian pendahuluan
Menulis bagian pendahuluan bisa dengan tajuk atau paragraf yang memakili garis besar artikel itu sendiri hal itu akan membuat artikel anda jelas dan akan menerangkan apa pada kelanjutan paragraf yang berikutnya.
2. Pernyataan yang menonojol
Dalam menulis artikel tulislah pernyataan-pernyataan yang menonjol dan unik sehingga pembaca akan tertarik untuk membacanya. Terkadang memang pembaca menyukai berita-berita dalam bentuk artikel yang unik karena mereka merasa penasaran untuk mengetahuinya, oleh karena itu buatlah artikel yang menarik dan menonjol.
3. Pernyataan
Dalam sebuah artikel hendaknya setiap sub atau paragraf berisi pernyataan yang ada pada topik artikel, sehingga artikel tersebut akan terlihat jelas dan baik serta menarik untuk dibaca. Pernyataan dapat bersumber dari narasumber atau penulis sendiri tetapi paling baik adalah pernyataan dari nara sumber karena pernyataan tersebut perlu usaha untuk mendapatkannya, yakni harus melakukan wawancara terlebih dahulu.

Bahasa Indonesia Penjelasan Dan Contoh Artikel

Jenis-Jenis Artikel
1. Artikel Exploratif
Contohnya adalah : Makalah Penelitian.
2. Artikel Eksplanatif
Contohnya adalah : Artikel cara menjadi orang sukses.
3. Artikel Deskriptif
Contohnya adalah : Berita artikel adanya tawuran.
4. Artikel  Prediktif
Contohnya adalah : Perkiraan cuaca dan lain sebagainya yang mengungkapkan prdiksi-prediksi.
5. Artikel Preskriptif
Contohnya adalah : Tutorial cara membuat teh dan lain sebagianya yang berhubungan dengan cara.

Contoh Artikel:
Usaha Ayam Potong
Bisnis Menguntungkan Usaha Paling Laris

Banyak masyarakat disetiap daerah pasti memiliki pasar baik pasar moderen atau juga pasar tradisional, dari semua pasar tersebut yang namanya daging ayam pasti ada yang menjualnya, ayam potong kini merupakan peluang bisnis yang banyak di geluti oleh sebagian masyarakat karena kebutuhan konsumen akan daging ayam tiap hari tidak pernah sepi, walaupun harganya kini naik.
Seperti yang dilakukan salah satu penjual ayam potong didaerah Pandaan-Pasauruan, dia menggeluti usaha ini karena melihat peluang bisnis yang ada dari produk ayam potong tersebut yang tetap laris walaupun harganya meninggi, ayam potong menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk menghasilakan banyak uang jika mampu dikelola dengan baik.
Banyak pengusaha ayam potong berbondong-bondong mencari ayam potong berkualitas baik, dari tiap ternak ayam potong yang ada di sekitar pandaan terkadang sampai juga keluar daerah pandaan seperti prigen dan bangil, kualitas ayam yang bagus dengan daging yang banyak dan besar serta ayam yang  bebas penyakit adalah salah satu kunci larisnya ayam potong yang dijual di pasaran.
Usaha ayam potong pernah turun dan sepi pembeli disaat banyaknya kemunculan kasus penyakit flu burung yang menyerang ayam ternak sehingga para konsumen takut untuk membeli ayam potong, tetapi kini pengusaha ayam potong mulai selektif dalam pemilihan ayam potongnya sehingga perlahan konsumen mulai percaya kepada penjual ayam potong.
Usaha ayam potong pada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha adalah pasar yang paling ramai, dimana konsumen banyak yang mencari daging ayam untuk keperluan lebaran, walaupun pada saat itu daging ayam sangat mahal dan melambung harganya yang biasanya pada hari biasa seharga Rp.30.000,00/ Kg menjadi Rp.37.000,00 – Rp.40.000,00 / Kg, itu terjadi karena penjual ayam potong kesulitan mendapatakan ayam dari peternak yang ke habisan stock ayamnya.

Semakin banyaknya konsumen daging ayam dan tak pernah sepinya permintaan setiap harinya membuat peluang usaha ini sangat menjanjikan bagi peternak ayam dan penjual ayam potong itu sendiri.

1 comments:

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih