Tuesday, September 24, 2013

Contoh Proposal Kewiraushaan (BAB 2) Analisa Proses Produksi










   BAB II
Analisa Proses Produksi
2.1     Jenis Produksi
            Jenis Produksi atau barang yang akan kami buat adalah dimana memanfaatkan ilmu elektronika yaitu membuat Pintu Otomatis yang juga dapat mendeteksi apakah di dalam ruangan ada orang atau tidak juga di sertai bel apabila ada tamu yang ingin berkunjung ke rumah sehingga pemilik rumah dapat mengetahui akan adanya tamu dan tamu tersebut tidak perlu memecet tombol bel. Selain membuat barang produksi kami juga dapat menawarkan jasa pemasangan pintu otomatis dari produk yang kami buat beserta fitur-fitur tambahan sesuai ke inginan klain.
2.2     Kebutuhan  Produksi
            Kebutuhan dari usaha ini adalah kekreatifan untuk merangkai sebuah rangkaian elektro yang digunakan untuk mendisain miniatur rumah agar terlihat seperti asli, rincian dari modal dan barang-barang yang di produksi adalah sebagai berikut:


Alat-Alat       :
No
Nama Barang
1
Solder
2
Gunting
3
Kikir Kecil
4
Bor
5
Tang Potong
6
Gergaji
7
Penggaris
8
Spidol

Bahan-Bahan :
No
Nama Barang
1
Timah
2
Triplex
3
Mur/ Baut
4
Kabel
5
Komponen Elektro
6
Akrilik
7
PCB
8
Motor



2.3    Proses Produksi
1.      Langkah pertama yang kami lakukan dalam pembuatan pintu otomatis adalah mempersiapkan bahan dasar agar dapat di rangkai menjadi rangkaian kerja pintu otomatis.
a.       Menyiapkan alas dasar rangkain kerja pintu otomatis
b.      Memasang komponen-komponen elektro yang di butuhkan dalam sistem kerja pintu otomatis dengan solder
2.      Langkah kedua menyiapkan tempat dimana pintu otomatis tersebut akan di pasang
3.      Langkah ketiga memasang rangkain sistem pintu otomatis ke tempat dimana akan di pasang pintu otomatis, dan langkah pemasanganya adalah sebagai berikut:
a.       Menempatkan rangkain dasar ke komponen.
b.      Memasang motor beserta rel untuk menggerakkan pintu agar bisa membuka dan menutup.
c.       Memasang sensor infra merah pada pintu untuk mendeteksi adanya orang di depan pintu.
d.      Memasang Buzzer sebagai bel otomatis apabila ada orang yang akan bertamu kerumah.
e.       Satukan atau hubungankan semua komponen (sensor,Buzzer dan motor) kepada Sistem pintu otomatis yang di buat dengan menggunakan kabel agar pintu otomatis dapat bekerja.
 2.4  Target  Produksi
          Biyaya Produksi  =   Rp. 111.000,00 + Rp. 97.500,00 +Rp.  40.000,00
                                                   +
                                             = Rp. 248.500,00
            Harga Produk Non Laba    =  248.500,00 : 1  =         Rp. 248.500,00
Target produksi kami adalah setiap hari 1 produk  apabila ada yang membutuhkan jasa atau produk kami
2.5  Rencana Produksi
          Pintu otomatis yang kami buat dapat kami variasikan terhadap gerbang, jendela dll yang bekerja secara otomatis. Selain itu kami juga dapat menambahkan fitur-fitur lainya di rangkain pintu otomatis yang kami jual dimana memasang bel tamu otomatis dan lampu otomatis apabila ada orang yang berada di rumah maka lampu rumah akan menyala sendiri selain produk yang kami jual kami juga bisa menyewakan jasa pemasangan pintu otomatis.
2.6  Analisa  Proses Produksi
1.       Analisa SWOT
·         Kekuatan
Kekuatan dari usaha serata produk yang kami jual adalah dimana pemasangan pintu otomatis lebih murah dan simple sehingga tidak mengeluarkan banyak uang serta tidak kalah kualitas dengan pintu-pintu otomatis yang harganya yang lebih mahal.
·         Kelemahan
Kelemahan dari produk kami adalah kurangnya modal yang kami punya karena di dalam sebuah bidang penjualan jasa kita hanya membutuhkan alat- alat kerja tetapai alat-alat kerja tersebut harganya relatif mahal
·         Peluang
Peluang yang kami peroleh dari usaha pintu otomatis sangat lah besar karena pintu otomatis dan jasa yang kami jual untuk pemasangan hanya membutuhkan komponen-komponen yang tidak terlalu mahal relatif lebih murah di banding rangkain pintu otomatis yang lain sehingga dapat disukai dan di minati konsumen.
·         Ancaman
Ancaman yang kami hadapi dari usaha ini adalah kebangkrutan atau merugi karena alat-alat yang kami butuhkan dalam pembuatan pintu otomatis menyita banyak uang modal yang kami punya.

2.      Analisa TOWS
·         SO (Strengths-Opportunities)
Usaha yang kami akan kerjakan ini meiliki kekuatan usaha antara lain adalah bahan yang di gunakan untuk pembuatan produk lebih hemat dan irit di banding produk-produk yang lain. Oleh karena itu apabila kami menawarkan jasa pemasangan pintu otomatis sangat diminati oleh konsumen karena konsumen tidak mengeluarkan banyak uang untuk membeli komponen-komponen yang kami butuhkan untuk jasa pemasangan.
·         WO (Weaknesses- Opportunities)
Peluang yang lemah dari usaha kita yaitu kualitas produk abila kita menjual produk sebab karena komponen-komponen yang kami gunakan sederhana dan relatif lebih murah karena itu peluang usaha kita kalah bersaing dengan usaha yang lain karena kualitas produk yang di hasilkan.
·         ST (Streghts-Threats)
Kekuatan peluang usaha yang kami punya memiliki beberapa ancaman antara lain  adalah saat permintaan jasa terhadap produk kita semakin banyak maka dapat membuat pesaing-pesaing usaha akan bermunculan dan mempersempit peluang usaha yang kami jalankan.
·         WT (Weaknesses- Threats)

Dari Kelemahan kualitas produk yang kami hasilkan karena terbuat dari komponen yang relatif murah hal itu dapat berpengaruh terhadap permintaan jasa yang kami tawarkan apabila karena parak konsumen jasa kami dapat tidak puas karena barang jasa yang kami hasilkan kalah dengan kualitas para usahawan lainya yang lebih mahal barang produksinya.

2 comments:

  1. Bagus gan proposalnya
    ada analisis SWOT nya jadi lebih yakin untuk berwirausaha
    kunbal ya
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/2013/05/gosok-gigi-ada-darah-apa-itu.html

    ReplyDelete

Berkomentarlah jika kurang jelas atau kurang dimengerti dan menaati peraturan
1. Tidak bicara kotor
2. Tidak spam komentar
3. Menghormati pengunjung lainnya
4. Sopan
Trimakasih